Sahabat Kecil Rasulullah SAW Mengkhatamkan Al-Quran dalam Waktu Singkat

Suatu hari, Rasulullah SAW sedang berkumpul bersama para sahabatnya. Dalam kesempatan itu Rasulullah SAW memberikan sebuah teka-teki kepada para sahabatnya yang hadir mengelilinginya. Beliau bertanya kepada para sahabatnya, “Siapakah diantara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Quran (membaca 30 juz Al-Quran) dalam waktu yang singkat?”
Para sahabat yang hadir terkejut dan kaget mendengar teka-teki yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Satu sama lain diam memikirkan jawaban atas pertanyaan Rasulullah SAW. Tetapi karena merasa tidak menemukan jawabannya, salah seorang sahabat nabi yang terkenal yaitu Umar bin Khattab memberanikan diri berkata kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, menghatamkan Al-Quran dalam waktu yang singkat adalah hal yang mustahil dilakukan. Bagaimana kita melakukannya?”
Mendengar perkataan dari sahabatnya, dengan bijaksana Rasulullah SAW menjawab bahwa hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan oleh mereka. Mendengar itu para sahabat menjadi lebih kaget seakan tidak percaya. Bagaimana mungkin seseorang bisa mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu singkat?
Akhirnya di tengah-tengah penantian mereka. Para sahabat dikagetkan dengan munculnya seorang anak kecil yang mengangkat tangannya seraya berkata, “Saya bisa melakukannya ya Rasulullah!”
Rasulullah SAW pun berkata kepada anak kecil tersebut yang tak lain adalah sahabat Ali bin Abi Thalib, “Ali coba kamu kemukakan pendapatmu!”
Setelah diberikan kesempatan oleh Rasulullah, kemudian Ali bin Abi Thalib membaca surat Al-Ikhlas sampai selesai sebanyak tiga kali.
Setelah sahabat Ali bin Abi Thalib menyelesaikan bacaannya. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Barang siapa¬† membaca Surat Al-Ikhlas sekali,pahalanya sama dengan membaca Al-Quran 10 Juz. Jadi,barang siapa yang membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, pahalanya sama dengan telah mengkhatamkan Al-Quran 30 juz.”
author
Author: 

    Related Post "Sahabat Kecil Rasulullah SAW Mengkhatamkan Al-Quran dalam Waktu Singkat"

    Belajar dari Adzan
    Adzan yang sering kita dengar setiap hari,
    FIQH: Mengenal Ilmu Fiqh
    Ada banyak teropong ilmu Islam yang bisa
    Istri Berzina, Haruskah Dipertahankan?
    Pertanyaan : Jika seorang suami yang melakukan
    Lima kewajiban muslim terhadap muslim lainnya
    Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw

    Leave a reply "Sahabat Kecil Rasulullah SAW Mengkhatamkan Al-Quran dalam Waktu Singkat"