Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh

qiraahquran.com – Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh

jodoh memang menjadi hal yang cukup banyak dibahas dalam al-quran, apalagi ini menyangkut semua manusia, jodoh sebenarnya masuk kedalam 3 takdir yang tidak dapat diubah dan sudah pasti ketentuannya, namun takdir ini memerlukan ikhtiar, bukan hanya berdiam diri saja dan hanya berdoa, walaupun banyak orang yang mendapatkan jodoh tanpa perlu keluar rumah. tapi ini jarang terjadi dan juga setiap orang yang ingin mencari jodoh pasti perlu untuk melihat dan juga menilai calon pasangannya dengan tujuan dan harapan agar mendapatkan pasangan yang sholeh ataupun sholehah.

di dalam buku mahkota pengantin, yang membahas masalah pernikahan, penulisnya mengumpamakan dalam memilih jodoh itu, dengan kata yang sangat bijak yaitu, “bau busuknya air pasti berasal dari sumber didalamnya” maksud dari kata beliau ini adalah kita diharuskan berhati hati dalam mencaro jodoh atau pasangan hidup, karna kalau sampai salah maka kesananya pun tidak akan baik, seperti begini ada kasus seorang suami yang sering memarahi istrinya karna tidak mau menutup aurat, namun si istri selalu menolak, kalau dilihat si suami jelas benar, namun maksud dari kata diatas adalah kita diharuskan untuk mencari istri yang sholehah dan mau menutup aurat, kenapa si suami ini mau menikahi wanita yang memang dari gadisnya tidak mau menutup aurat, bukannya mencari istri yang berhijab, ini dia maksudnya. salah mencari pasangan maka akan salah semuanya, karna pasangan bukan hanya 1/2 hari bahkan berpuluh-puluh tahun.

masuk lebih dalam lagi, Jodoh Menurut Islam adalah orang yang menjadi pendamping hidup, nah adapun kriteria yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jodoh seperti paras, harta, keturunan, dan yang paling terpenting adalah Agamanya, karna agama lah yang menjadi titik yang paling diberatkan sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-baqarah ayat 221, yang menjelaskan kalau menikahi budak muslim itu sesungguhnya lebih baik daripada menikahi wanita musyrikin walaupun dia menarik hatimu.

Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh

Ayat Alquran Tentang Jodoh

bismillah

 

Surat Az-Zariyat Ayat 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

Surat Al-A’raf Ayat 189

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا ۖ فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ ۖ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: “Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur”.

Anjuran Berkawin

adapun perintah allah swt, bagi para pemuda yang belum memiliki pasangan agar segera berkawin, dan pada ayat ini juga ada janji allah swt yang perlu disimak baik-baik, bahkan jika mereka miskin allah akan memampukan mereka. ayatnya dibawah ini.

Surat An-Nur Ayat 32

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Janji Allah Bagi Orang Bertakwa

adapun untuk orang orang yang khawatir dalam mendapatkan pasangan yang kurang baik, atau salah dalam memilih pasangan allah telah memberi kabar gembira, sebagaimana disebutkan di dalam quran, Surat An-Nur Ayat 26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

berdasarka yat diatas kita dapat mengambil kesimpulan, apabila teman-teman ingin mendapatkan pasangan hidup yang baik, maka teman-teman harus menjadi orang yang baik dahulu, jika teman-teman masih memiliki akhlak yang keji maka jangan salahkan siapa-siapa kalau yang akhirnya menjadi pasangan sobat orang yang tidak baik juga. dari ayat ini juga kita bisa mengambil pelajaran agar bisa mendapatkan manisnya iman, baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Tujuan Mendapatkan Jodoh Yang baik Dalam Alquran

pada akhirnya nanti setiap orang yang mencari jodoh pastinya akan mengharapkan ketentraman dalam rumah tangganya, yang bisa menjadi surga di dunia ini, dan pastinya juga bisa menghantarkan setiap pasangan yang baik kedalam surga yang kekal abadi, bersama anak-anak dan istri. al-quran lagi-lagi menjelaskan tentang ini.

Surat Ar-Rum Ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

demikianlah Ayat Alquran Tentang Jodoh yang bisa ana sampaikan kali ini, mungkin ada kesalahan dan juga kekhilafan, saya mohon sekali agar bisa menyampaikannya di kolom komentar sini, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemuda/pemudi yang masih bingung dalam memilih atau kesulitan mencari jodoh, terimakasih banyak atas kunjungannya, sekian billahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullah.

Incoming search terms:

Tags: Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh

author
Author: 

    Related Post "Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh"

    Belajar dari Adzan
    Adzan yang sering kita dengar setiap hari,
    FIQH: Mengenal Ilmu Fiqh
    Ada banyak teropong ilmu Islam yang bisa
    Istri Berzina, Haruskah Dipertahankan?
    Pertanyaan : Jika seorang suami yang melakukan
    Lima kewajiban muslim terhadap muslim lainnya
    Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw

    Leave a reply "Ayat Alquran yang membahas Tentang Jodoh"